Bisnis Franchise Minuman Dengan Modal Kecil

Dengan latar belakang negara Indonesia beriklim tropis, membuat bisnis franchise minuman yang menyegarkan memiliki prospek bagus dalam jangka waktu lama, tak terkecuali jenis usaha minuman teh. Apalagi jika teh yang ditawarkan adalah teh yang telah dikreasikan, baik dari macam rasa maupun dengan menambahkan berbagai topping seperti contoh buah, ice cream, yoghurt akan lebih mudah mendapatkan respon dari konsumen.

Cara Memulai Usaha Minuman


Namun berdasarkan pengamatan di lapangan, peluang usaha di bidang bisnis franchise makanan dan minuman teh cukup banyak dan ini menyebabkan persaingan bisnis ketat. Untuk mensiasati kondisi seperti itu agar bisa tetap eksis dan bertahan maka ada beberapa hal harus diperhatikan oleh pewaralaba dalam memulai dan menjalankan usaha kecil mereka, seperti misalnya mengutamakan kualitas rasa minuman teh itu sendiri. Bagaimana pun juga, rasa teh memegang peranan penting untuk dapat menjaring minat konsumen (mendapatkan konsumen baru) sekaligus juga menarik konsumen baru di waktu mendatang. Oleh sebab itu, ada bagusnya jika sebelum meluncurkan sebuah produk, pelaku bisnis franchise minuman teh melakukan sebuah riset kecil lebih dulu.

Bisnis Franchise Minuman Dengan Modal Kecil

Selanjutnya, berikan kepercayaan komsumen melalui jaminan kebersihan dan kesehatan produk dengan kemasan atau booth yang terlihat rapi, bersih dan menarik serta bisa juga menambahkan lisensi dari dinas terkait seperti BPOM untuk menjamin kualitas produk pasti memuaskan. Dengan cara seperti ini maka menutup kemungkinan keraguan para calon pembeli produk Anda. Begitu juga dengan jenis minuman teh yang sudah ada sejak dulu maka para pemilik bisnis franchise makanan modal kecil itu pasti mengikuti perkembangan jaman dengan meningkatkan kualitas produk seperti dengan cara memperindah penampilan booth atau kemasan dibikin semenarik mungkin.

Selain harus menghadirkan terobosan terhadap produk minuman teh yang dijual, pelaku usaha harus mampu menentukan harga menarik dengan perhitungan dapat terjangkau oleh segmen pasar yang dituju. Oleh karenya, pelaku bisnis minuman kecil seperti ini harus dapat mencari dan menemukan lokasi dan segmen pasar (calon konsumen) yang tepat. Misalnya, di sebuah restoran atau kafe maka harga bisa ditentukan agak lebih tinggi daripada jika dijual di pasar atau dekat lingkungan sekolah (kampus).

Di sisi lain, promosi sangat mutlak dilakukan oleh para pengusaha minuman ini baik promosi dalam menjual langsung atau mungkin menawarkan cara waralaba kepada orang lain. Jika bisnis franchise makanan murah tidak dikenal oleh masyarakat maka tentu akan menyulitkan penjualan. Promosi bisa dilakukan dengan memakai cara promosi lewat iklan di media massa, internet, radio dan lainnya.

Semua cara itu tentunya tidak lengkap jika tak diimbangi dengan penyesuaian harga serta pasar yg ingin dibidik. Jika harga yang ditawarkan tak sesuai, maka produk pun akan mengalami kesulitan mendapatkan pembeli sehingga bisnis minuman kecil seperti ini akan tidak menghasilkan apa-apa kecuali kerugian saja. Perlu juga diperhatikan masalah tempat usaha, pilih lokasi tepat agar bisnis kecil minuman teh ini bisa langsung berjalan dan menguntungkan. Lokasi yang tepat tidak saja mempermudah penjualan namun juga memudahkan pasar (konsumen) dengan tingkat ekonomi tertentu membeli produk yang dijual.

Jika bisnis franchise minuman itu layak dan memiliki daya saing tinggi sehingga bisa dijual di tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, terminal, lokasi wisata atau lingkungan perkantoran maka tidak ada salahnya mencoba lokasi tersebut.