Usaha Modal Kecil Untung Besar

Waralaba jajanan asing memang selalu menjanjikan. Betapa tidak, tradisi ngemil dan keinginan mencoba makanan baru membuat pelaku usaha waralaba jajanan asing selalu diserbu konsumen. Tak heran banyak pelaku usaha modal kecil untung besar yang mengadaptasi jajanan asing yang dikembangkan dengan cara waralaba. Usaha pun berkembang cepat dan menguntungkan. Menariknya, usaha jajanan asing ini dapat mendatangkan keuntungan hingga 60% yg membuat waktu balik modal semakin singkat dan cepat. Apa saja usaha waralaba makanan kecil yang sedang ngetrend saat ini?

Pancake, Dorayaki, Burger, Dimsum, Crepes dan Kebab adalah beberapa makanan yg berasal dari luar negeri dan saat ini banyak dijumpai di berbagai daerah mulai dari restoran sampai kaki lima. Masyarakat Indonesia selalu tertarik dengan segala sesuatu yg baru, termasuk soal makanan. Maka tak heran jika gerai makanan asing selalu ramai dan banyak dikunjungi pelanggan, tak hanya di kota besar namun sudah mulai merambah ke daerah.

Selain beberapa jenis makanan tersebut, belum lama ini mulai muncul makanan asing baru yang datang bukan hanya dari negara Asia tapi juga Eropa dan Amerika. Misalnya saja, Waffle yg berasal dari Eropa, Chuross dari Spanyol, Taco, Nachos dan Chicken Burito dari Meksiko. Namun meskipun membawa cita rasa makanan khas negara asalnya, tapi pelaku usaha modal kecil yang menguntungkan ini pandai menyesuaikan selera dan rasa yg disukai orang Indonesia seperti menambahkan rasa manis, pedas atau gurih.
usaha modal kecil untung besar

Pengamat waralaba dari perhimpunan waralaba dan lisensi Indonesia (WALI) mengatakan bahwa pasar di Indonesia sangatlah besar dengan tipe pelanggan cukup beragam dan mereka umumnya sangat senang dengan hal baru sehingga memudahkan makanan khas negara lain tersebut cepat diterima di Indonesia. Jadi, memang makanan khas negara lain sudah memiliki pasar sendiri secara alami sehingga pasar pun menjadi besar dan menguntungkan.

Walau berbagai jenis makanan kecil didominasi oleh jajanan yg sudah telah lebih dulu ada seperti Pancake, Crepes, Dimsum dan lainnya namun jajanan seperti Tacos, Buritos dan Chuross telah mulai juga melakukan penetrasi pasar.

Cara Memulai Usaha Jajanan Dengan Modal Kecil Namun Untung Bisa Banyak

Jika Anda tertarik usaha modal kecil yang menjanjikan namun tidak memiliki keahlian untuk memulai jajanan tersebut? Tak usah berkecil hati, karena bisnis makanan kecil seperti itu telah banyak dikembangkan dengan cara waralaba. Waralaba adalah satu cara terbaik bagi pemilik merek dagang untuk mengembangkan usaha sekaligus juga menguntungkan untuk setiap orang memulai dan menjalankan bisnisan kecil mereka sendiri.

Dengan modal awal sekitar 10 juta, maka siapa saja bisa memulai usaha jual jajanan dimana dari modal sebesar itu akan mendapatkan peralatan jualan seperti gerobak etalase, seragam, bahan baku dan juga tentu pelatihan. Yang perlu disiapkan adalah lokasi tempat jualan produk makanan kecil tersebut. Penentuan lokasi sangat perlu dipikirkan secara matang karena sangat menentukan berkembang tidaknya bisnis makanan itu.

Layaknya usaha waralaba dan kemitraan lainnya, maka pemilik usaha waralaba jajanan itu harus melakukan promosi agar produk yg dijual diketahui rasanya dan diminati konsumen. Beragam bentuk promosi pun dapat dilakukan mulai dari menyebarkan brosur, flyer, spanduk, neon box sampai memberikan uji rasa secara gratis kepada konsumen jika diperlukan. Sementara itu, supaya tiap gerai selalu ramai dikunjungi pelanggan, langkah promosi dapat yg dapat dilakukan pewaralaba yakni dengan menawarkan berbagai paket, potongan harga, bekerja sama dengan sekolah atau kampus.

Jadi, tunggu apalagi? Buat Anda yang memiliki keinginan untuk mencoba usaha modal kecil untung banyak maka tak ada salahnya untuk dicoba sendiri. Jangan lupa untuk menentukan segmen pasar yg ingin ditarget karena itu akan menentukan seberapa besar modal yg harus dikeluarkan. Namun perlu diingat juga untuk memilih pewaralaba dengan reputasi yg sudah teruji baik misalnya perlu dilihat mereka sudah menjalankan usaha modal kecil untung besar itu dan berapa banyak para mitra yang telah bergabung. Dari kedua indikator tersebut merupakan petunjuk kuat apakah pewaralaba memiliki sejarah bisnis yg baik. Semakin lama suatu waralaba sudah berjalan maka itu menandakan bahwa bisnis tersebut menguntungkan dan sangat menjanjikan untuk dijalankan.